DurfMSu0Qxmk2O77Srei8VZ6q4jtkNf1l2GZimEB

Perkembangan Vaksin Corona sebelum Disebarkan ke Masyarakat

Perkembangan Vaksin Corona

Menjelang akhir tahun 2020, pandemi virus corona masih tetap menghantui masyarakat. Dampak yang ditimbulkan pun juga semakin meningkat. Hal yang ditakuti banyak masyarakat dari pandemi ini yaitu belum ditemukannya vaksin khusus untuk mencegah infeksi virus corona tersebut. 

Semenjak kemunculannya yang menghebohkan dunia, banyak para ilmuwan yang bekerja keras untuk mengerjakan vaksin dari virus ini. Masyarakat sangat berharap agar vaksin tersebut bisa cepat ditemukan sehingga kehidupan menjadi normal kembali seperti sedia kala.

Salah satu hal yang menjadi masalah ketika proses pengerjaan vaksin corona yaitu proses pengujian vaksin yang memerlukan uji klinis yang cukup lama hingga akhirnya bisa didistribusikan ke seluruh masyarakat. Padahal, setiap hari laporan mengenai masyarakat yang terinfeksi virus corona terus bertambah setiap harinya.

Di akhir tahun 2020 ini, beberapa kabar baik mulai terdengar dari berbagai media yang mengatakan vaksin dari virus corona ini sudah ditemukan setelah sekian lama menunggu. Banyak ilmuwan yang telah melakukan uji klinis untuk vaksin tersebut sebelum benar-benar akan diedarkan di masyarakat.

Pengembangan vaksin corona ini telah dilakukan oleh para ilmuwan dari berbagai penjuru dunia semenjak ilmuwan Cina berbagi urutan genetik virus dalam database publik online, pada 10 Januari lalu. Ada beberapa kelompok ilmuwan yang mengerjakan vaksin corona tersebut, seperti Inovio Pharmaceuticals Inc. dan Moderna Inc.

Para ilmuwan tersebut mengatakan bahwa mereka akan memiliki vaksin yang siap diuji pada hewan dalam satu bulan ke depan. Mereka juga memperkirakan bahwa vaksin tersebut dapat diuji klinis fase satu pada manusia, dalam 3 bulan.

Dalam pengerjaannya, kedua kelompok ilmuwan tersebut sama-sama menggunakan teknologi vaksin yang lebih mutakhir, berdasarkan urutan DNA atau messenger RNA (mRNA) spesifik dari virus. Biasanya, vaksin jenis ini masih menimbulkan respons imun protektig pada tubuh seseorang. Akan tetapi, kemungkinan adanya efek samping sangatlah minim, karena protein yang digunakan hanya sebagian kecil saja dari virus.

Walaupun kelihatanya pengerjaan dalam menemukan vaksin corona ini bisa dipercepat, ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Semua prosesnya tetap membutuhkan rangkaian waktu uji klinis yang cukup lama.

Setelah para ilmuwan berhasil menemukan kandidat vaksin virus corona yang potensial, uji coba vaksin terhadap hewan perlu dilakukan, begitu pun juga uji klinis kecil hingga besar terhadap manusia. Tahapan ini harus dilakukan guna memastikan bahwa vaksin cukup aman dan efektif, sebelum benar-benar disebarkan ke seluruh masyarakat.

Jika vaksin untuk virus corona yang aman dan efektif benar-benar sudah ditemukan, semoga proses produksi dan distribusi serta pemberian vaksin bisa segera dilakukan dengan cepat, agar penyebaran virus ini bisa segera mereda.

Akhir-akhir ini, ada beberapa kabar baik yang muncul di berbagai media terkait telah ditemukannya vaksin virus corona. Hal tersebut sangat disambut dengan baik oleh banyak masyarakat, karena sudah cukup lama pandemi ini melanda hingga menyebabkan berbagai dampak buruk di berbagai kalangan.

Dengan adanya kabar baik tersebut, memberikan banyak dampak positif yang cukup kuat di masyarakat. Dengan begitu, harapan serta sugesti masyarakat bisa sembuh dan terhindar dari virus corona bisa meningkat.

Halodoc

Saat ini, belum dipastikan kapan vaksin corona tersebut akan benar-benar disebarkan ke seluruh masyrakat. Maka dari itu, tetap menjaga diri dengan selalu mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak serta meminum berbagai vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa dibeli melalui aplikasi Halodoc.

Selain itu, di Halodoc juga terdapat berbagai artikel kesehatan menarik dan informatif yang bisa dijadikan referensi dalam mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit. Jika merasakan beberapa keluhan kesehatan, bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai keluhan tersebut disana.

Nah, mungkin itu sedikit informasi mengenai perkembangan vaksin virus corona. Tetap jaga kesehatan ya!
Related Posts
Terbaru Lebih lama
feryefend
Tampan dan Sederhana!

Related Posts

Posting Komentar